Tuesday, October 1, 2013

MEKANISME PERNAFASAN DADA DAN PERUT

                                              Mekanisme Pernafasan Dada dan Perut
       Pernafasan Dada adalah pernafasan yang melibatkan otot tulang rusuk. Mekanismenya adalah sebagai berikut

   1. Fase Inspirasi. Fase ini berupa berkontraksinya otot tulang intercostal sehingga rongga dada membesar    akibatnya tekanan udara rongga dada menjadi lebih kecil dari tekanan udara luar sehinga udara luar yang kaya oksigen masuk.

    2. Fase ekspirasi, Fase ini merupakan fase relaksasi yang didikuti turunya tulang rusuk sehingga rongga dada mengecil, akibatnya tekanan udara didalam rongga dada lebih besar daripada tekanan udara luar sehingga tekanan udara dalam rongga dada yang kaya akan karbon dioksida ke luar.


      Pernapasan perut merupakan pernapasan yang mekanismenya melibatkan aktifitas otot-otot diafragma yang membatasi rongga perut dan rongga dada.
Mekanisme pernapasan perut dapat dibedakan menjadi dua tahap yakni sebagai berikut.


1.
Fase Inspirasi. Pada fase ini otot diafragma berkontraksi sehingga diafragma mendatar, akibatnya rongga dada membesar dan tekanan menjadi kecil sehingga udara luar masuk.
2.
Fase Ekspirasi. Fase ekspirasi merupakan fase berelaksasinya otot diafragma (kembali ke posisi semula, mengembang) sehingga rongga dada mengecil dan tekanan menjadi lebih besar, akibatnya udara keluar dari paru-paru.



No comments:

Post a Comment