Sunday, December 30, 2018

LAPORAN PENDAHULUAN DEMAM TYPOID


LAPORAN PENDAHULUAN
DEMAM TYPOID

    A.    KONSEP PENYAKIT

1.      Definisi
Demam Thypoid adalah penyakit infeksi akut yang biasanya mengenai saluran pencernaan dengan gejala demam yang lebih dari satu minggu, gangguan pada pencernaan dan gangguan kesadaran ( Nursalam dkk, 2005 : 152 ). Dan pada anak biasanya lebih ringan dari pada orang dewasa, masa inkubasi 10 – 20 hari, yang tersingkat 4 hari jika inpeksi terjadi melalui makanan ( Ngastiyah, 2008).
Typhoid adalah penyakit infeksi sistemik akut yang disebabkan infeksi salmonella thypi. Organisme ini masuk melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh faeses dan urine dari orang yang terinfeksi kuman salmonella (Bruner and Sudart, 2013).

2.      Etiologi
Demam Thypoid disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Selain oleh Salmonella typhi, demam typhoid juga bisa disebabkan oleh Salmonella paratyphi A, B dan C namun gejalanya jauh lebih ringan.Ada dua sumber penularan salmonella typhi yaitu pasien dengan demam typhoid dan pasien dengan carier. Carier adalah orang yang sembuh dari demam typhoid dan masih terus mengekresi salmonella typhi dalam tinja dan air kemih selama lebih dari 1 tahun.(Sudoyo.2008).

3.      Manifestasi Klinik
a.       Prodromal, yaitu perasaan tidak enak badan dan demam.
b.      Lesu, nyeri kepala, pusing dan tidak bersemangat
c.       Nafsu makan berkurang
d.      Bibir kering dan pecah-pecah
e.       Perut Kembung
f.       Sulit BAB
g.      Gangguan kesadaran, Masa tunas typhoid 10 – 14 hari
a.       Minggu I
Pada umumnya demam berangsur naik, terutama sore hari dan malam hari. Dengan keluhan dan gejala demam, nyeri otot, nyeri kepala, anorexia dan mual, batuk, epitaksis, obstipasi / diare, perasaan tidak enak di perut.
b.      Minggu II
Pada minggu II gejala sudah jelas dapat berupa demam, bradikardi, lidah yang khas (putih, kotor, pinggirnya hiperemi), hepatomegali, meteorismus, penurunan kesadaran.( Nurarif.2015).

4.      Komplikasi
a.       Komplikasi intestinal
1)      Perdarahan usus
2)      Perporasi usus
3)      Ilius paralitik
b.      Komplikasi ekstra intestinal
1)      Komplikasi kardiovaskuler : kegagalan sirkulasi (renjatan sepsis), miokarditis, trombosis, tromboplebitis.
2)      Komplikasi darah : anemia hemolitik, trobositopenia, dan syndroma uremia hemolitik.
3)      Komplikasi paru : pneumonia, empiema, dan pleuritis.
4)      Komplikasi pada hepar dan kandung empedu : hepatitis, kolesistitis.
5)      Komplikasi ginjal : glomerulus nefritis, pyelonepritis dan perinepritis.
6)      Komplikasi pada tulang : osteomyolitis, osteoporosis, spondilitis dan arthritis.
7)      Komplikasi neuropsikiatrik : delirium, meningiusmus, meningitis, polineuritis perifer
8)      Perforasi usus terjadi pada 0,5-3% dan perdarahan berat pada 1-10% penderita demam tifoid. Kebanyakan komplikasi terjadi selama stadium ke-2 penyakit dan umumnya didahului oleh penurunan suhu tubuh dan tekanan darah serta kenaikan denyut jantung.( Nurarif.2015).

5.      Patofisiologi dan Pathway
Kuman salmonella thypi, salmonella paratyphy yang menjadi penyebab demam thypoid masuk ke saluran cerna. Saat berada dalam saluran cerna sebagian diantaranya dimusnahkan dalam asam lambung, namun sebagian lagi masuk kedala usus halus, dan membentuk limfoid plaque peyeri. Ada yang hidup dan bertahan ada juga yang menembus lamina propia dan masuk ke aliran limfe serta masuk ke kelenjar limfe dan menembus aliran darah sehingga bersarang dihati dan limfa. Dan terjadi hepatomegali yang akan menimbulkan nyeri tekan dan infeksi yang menyebabkan zat pirogen oleh leukosit pada jaringan meradang dan ini yang menyebabkan demam tifoid sehingga terjadi peningkatan suhu badan atau panas.
Penularan salmonella thypi dapat ditularkan melalui berbagai cara, yang dikenal dengan 5F yaitu Food(makanan), Fingers(jari tangan/kuku), Fomitus (muntah), Fly(lalat), dan melalui Feses.
Feses dan muntah pada penderita typhoid dapat menularkan kuman salmonella thypi kepada orang lain. Kuman tersebut dapat ditularkan melalui perantara lalat, dimana lalat akan hinggap dimakanan yang akan dikonsumsi oleh orang yang sehat. Apabila orang tersebut kurang memperhatikan kebersihan dirinya seperti mencuci tangan dan makanan yang tercemar kuman salmonella thypi masuk ke tubuh orang yang sehat melalui mulut. Kemudian kuman masuk ke dalam lambung, sebagian kuman akan dimusnahkan oleh asam lambung dan sebagian lagi masuk ke usus halus bagian distal dan mencapai jaringan limpoid. Di dalam jaringan limpoid ini kuman berkembang biak, lalu masuk ke aliran darah dan mencapai sel-sel retikuloendotelial. Sel-sel retikuloendotelial ini kemudian melepaskan kuman ke dalam sirkulasi darah dan menimbulkan bakterimia, kuman selanjutnya masuk limpa, usus halus dan kandung empedu (Mansjoer et, al 2008).

Pathway
                                         Salmnela thyposa

Saluran pencernaan

Diserap usus halus

Bakteri memasuk aliran darah iskemik

Kelenjar limfoid          hati                          limfa                            endotoksin

 usus halus        hepatomegali                spanmegali                  demam





         nyeri




      Tukak              nyeri perabaan                                                 Hipertermi



           mual tidak nafsu makan

Perdarahan dan perforasi                  perubahan nutrsi


Resiko kurang volume cairan
          


6.      Penataksanaan
a.       Pencegahan
      Cara pencegahan yang dilakukan pada demam typhoid adalah cuci tangan setelah dari toilet dan khususnya sebelum makan atau mempersiapkan makanan, hindari minum susu mentah (yang belum dipsteurisasi), hindari minum air mentah, rebus air sampai mendidih dan hindari makanan pedas.
b.      Istirahat dan Perawatan
Bertujuan untuk mencegah komplikasi dan mempercepat penyembuhan. Tirah baring dengan perawatan dilakukan sepenuhnya di tempat seperti makan, minum, mandi, dan BAB/BAK. Posisi pasien diawasi untuk mencegah dukubitus dan pnemonia orthostatik serta higiene perorangan tetap perlu diperhatikan dan dijaga.
c.       Diet dan Terapi Penunjang
1)      Mempertahankan asupan kalori dan cairan yang adekuat.
2)      Memberikan diet bebas yang rendah serat pada penderita tanpa gejala meteorismus ( kembung perut), dan diet bubur saring pada penderita dengan meteorismus. Hal ini dilakukan untuk menghindari komplikasi perdarahan saluran cerna dan perforasi usus. Gizi penderita juga diperhatikan agar meningkatkan keadaan umum dan mempercepat proses penyembuhan.b. Cairan yang adequat untuk mencegah dehidrasi akibat muntah dan diare.
3)      Primperan (metoclopramide) diberikan untuk mengurangi gejala mual muntah dengan dosis 3 x 5 ml setiap sebelum makan dan dapat dihentikan kapan saja penderita sudah tidak mengalami mual lagi.
d.      Pemberian Antimikroba
e.       Obat – obat antimikroba yang sering digunakan dalam melakukan tatalaksana tifoid adalah:
1)      Kloramfenikol. Dosis yang diberikan adalah 4 x 500 mg perhari, dapat diberikan secara oral atau intravena, sampai 7 hari bebas panas
2)      Tiamfenikol. Dosis yang diberikan 4 x 500 mg per hari.
3)      Kortimoksazol. Dosis 2 x 2 tablet (satu tablet mengandung 400 mg sulfametoksazol dan 80 mg trimetoprim)
4)      Ampisilin dan amoksilin. Dosis berkisar 50-150 mg/kg BB, selama 2 minggu
5)      Sefalosporin Generasi Ketiga. dosis 3-4 gram dalam dekstrosa 100 cc, diberikan selama ½ jam per-infus sekali sehari, selama 3-5 hari
6)      Kombinasi obat antibiotik. Hanya diindikasikan pada keadaan tertentu seperti: Tifoid toksik, peritonitis atau perforasi, syok septik, karena telah terbukti sering ditemukan dua macam organisme dalam kultur darah selain kuman Salmonella typhi. (Widiastuti S, 2001)
7)      Vit B komplek dan Vit C sangat diperlukan untuk menjaga kesegaran dan kekuatan badan serta berperan dalam kestabilan pembuluh kafiler. (Ngastiyah. 2005).

    B.     ASUHAN KEPERAWATAN

1.      Pengkajian
a.       Biodata Klien dan penanggung jawab (nama, usia, jenis kelamin, agama, alamat)
b.      Riwayat Kesehatan
1)      Keluhan utama
Biasanya klien dirawat di rumah sakit dengan keluhan sakit kepala, demam, nyeri dan pusing
2)      Riwayat Kesehatan Sekarang
Biasanya klien mengeluh kepala terasa sakit, demam,nyeri dan pusing, berat badan berkurang, klien mengalami mual, muntah dan anoreksia, klien merasa sakit diperut dan diare, klien mengeluh nyeri otot.
3)      Riwayat Kesehatan Dahulu
Kaji adanya riwayat penyakit lain/pernah menderita penyakit seperti ini sebelumnya
4)      Riwayat Kesehatan Keluarga
Kaji adanya keluarga yang menderita penyakit yang sama (penularan).
c.       Pemeriksaan Fisik
1)      Pengkajian umum
Tingkat kesadaran : composmentis, apatis, somnolen,supor, dan koma
Keadaan umum : sakit ringan, sedang, berat
Tanda-tanda vital
2)      Pengkajian sistem tubuh
a)      Pemeriksaan kulit dan rambut
Kaji nilai warna, turgor, tekstur dari kulit dan rambut pasien
b)      Pemeriksaan kepala dan leher
Pemeriksaan mulai dari kepala, mata, hidung, telinga, mulut dan leher. Kaji kesimetrisan, edema, lesi, maupun gangguan pada indera.
c)      Pemeriksaan dada
Paru-paru
Inspeksi           : kesimetrisan, gerak napas
Palpasi             : kesimetrisan taktil fremitus
Perkusi            : suara paru (pekak, redup, sono, hipersonor, timpani)
Jantung
Inspeksi           : amati iktus cordis
Palpalsi            : raba letak iktus cordis
Perkusi            : batas-batas jantung
d)     Pemeriksaan abdomen
Inspeks            : keadaan kulit, besar dan bentuk abdomen, gerakan
Palpasi             : hati, limpha teraba/tidak, adanya nyeri tekan
Perkusi            : suara peristaltic usus
Auskultasi       : frekuensi bising usus
e)      Pemeriksaan ekstremitas
Kaji warna kulit, edema, kemampuan gerakan dan adanya alat bantu.
3)      Pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan
a)      Riwayat prenatal : ibu terinfeksi TORCH selama hamil, preeklamsi, BB ibu tidak naik, pemantauan kehamilan secara berkala. Kehamilan dengan resiko yang tidak dipantau secara berkala dapat mengganggu tumbang anak
b)      Riwayat kelahiran : cara melahirkan anak, keadaan anak saat lahir, partus lamadan anak yang lahir dengan bantuan alat/ forcep dapat mengganggu tumbang anak
c)      Pertumbuhan fisik : BB (1,8-2,7kg), TB (BB/TB, BB/U, TB/U), lingkar kepala (49-50cm), LILA, lingkar dada, lingkar dada > dari lingkar kepala,
d)     Pemeriksaan fisik : bentuk tubuh, keadaan jaringan otot (cubitan tebal untuk pada lengan atas, pantat dan paha mengetahui lemak subkutan), keadaan lemak (cubitan tipis pada kulit dibawah tricep dan subskapular), tebal/ tipis dan mudah / tidak akarnya dicabut, gigi (14- 16 biji), ada tidaknya udem, anemia dan gangguan lainnya.
e)      Perkembangan : melakukan aktivitas secara mandiri (berpakaian) , kemampuan anak berlari dengan seimbang, menangkap benda tanpa jatuh, memanjat, melompat, menaiki tangga, menendang bola dengan seimbang, egosentris dan menggunakan kata ” Saya”, menggambar lingkaran, mengerti dengan kata kata, bertanya, mengungkapkan kebutuhan dan keinginan, menyusun jembatan dengan kotak –kotak.
4)      Riwayat imunisasi
Riwayat sosial: bagaimana klien berhubungan dengan orang lain.
d.      Pengkajian Pola Fungsional Gordon
1)      Pola persepsi kesehatan manajemen kesehatan
Yang perlu dikaji adalah bagaimana pola sehat – sejahtera yang dirasakan, pengetahuan tentang gaya hidup dan berhubungan dengan sehat, pengetahuan tentang praktik kesehatan preventif, ketaatan pada ketentuan media dan keperawatan. Biasanya anak-anak belum mengerti tentang manajemen kesehatan, sehingga perlu perhatian dari orang tuanya.
2)      Pola nutrisi metabolik
Yang perlu dikaji adalah pola makan biasa dan masukan cairan klien, tipe makanan dan cairan, peningkatan / penurunan berat badan, nafsu makan, pilihan makan.
3)      Pola eliminasi
Yang perlu dikaji adalah pola defekasi klien, berkemih, penggunaan alat bantu, penggunaan obat-obatan.
4)      Pola aktivas latihan
Yang perlu dikaji adalah pola aktivitas klien, latihan dan rekreasi, kemampuan untuk mengusahakan aktivitas sehari-hari (merawat diri, bekerja), dan respon kardiovaskuler serta pernapasan saat melakukan aktivitas.
5)      Pola istirahat tidur
Yang perlu dikaji adalah bagaimana pola tidur klien selama 24 jam, bagaimana kualitas dan kuantitas tidur klien, apa ada gangguan tidur dan penggunaan obat-obatan untuk mengatasi gangguan tidur.
6)      Pola kognitif persepsi
Yang perlu dikaji adalah fungsi indra klien dan kemampuan persepsi klien.
7)      Pola persepsi diri dan konsep diri
Yang perlu dikaji adalah bagaimana sikap klien mengenai dirinya, persepsi klien tentang kemampuannya, pola emosional, citra diri, identitas diri, ideal diri, harga diri dan peran diri. Biasanya anak akan mengalami gangguan emosional seperti takut, cemas karena dirawat di RS.
8)      Pola peran hubungan
Kaji kemampuan klien dalam berhubungan dengan orang lain. Bagaimana kemampuan dalam menjalankan perannya.
9)      Pola reproduksi dan seksualitas
Kaji adakah efek penyakit terhadap seksualitas anak.
10)  Pola koping dan toleransi stress
Yang perlu dikaji adalah bagaimana kemampuan klien dalam manghadapai stress dan adanya sumber pendukung. Anak belum mampu untuk mengatasi stress, sehingga sangat dibutuhkan peran dari keluarga terutama orang tua untuk selalu mendukung anak.
11)  Pola nilai dan kepercayaan
Kaji bagaimana kepercayaan klien. Biasanya anak-anak belum terlalu mengerti tentang kepercayaan yang dianut. Anak-anak hanyan mengikuti dari orang tua.(Nurarif.2015).

2.      Diagnosa Keperawatan
a.       Hipertermi b.d proses infeksi salmonella thypi
b.      Kekurangan volume cairan berhubungan dengan muntah
c.       Ketidakseimbangan Nutrisi Kurang dari Kebutuhan Tubuh berhubungan dengan intake tidak adekuat.

3.      Perencanaan Keperawatan

NANDA
NOC
NIC
Hipertermi b.d proses infeksi salmonella thypi
Indikator:
· Suhu  36,5 – 37,5oC
·  Bibir lembab
·  Kulit tidak teraba panas
· Aktifitas sesuai kemampuan
· Identifikasi penyebab / factor yang dapat menyebabkan hipertermi
· Observasi cairan masuk dan keluar, hitung balance cairan
·Beri cairan sesuai kebutuhan bila tidak bila kontraindikasi
·Berikan kompres air hangat.
· Anjurkan pasien untuk mengurangi aktifitas yang berlebihan saat suhu naik / bedrest total
· Anjurkan pasien menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat
·Ciptakan lingkungan yang nyaman
Kolaborasi :
·Pemberian antipiretik
·Pemberian antibiotic
Kekurangan volume cairan berhubungan dengan muntah
Defenisi : penurunan cairan intravaskuler intestinal dan atau intraseluler, contohnya dehidrasi, kehilangan cairan tanpa perubahan sodium.
Batasan karakteristik :
Kelelahan, kehilangan berat badan.
Keseimbangan cairan
Indikator:
·Keseimbangan intake dan output 24 jam
·Berat badan stabil
·Tidak ada rasa haus yang berlebihan
·Elektrolit serum dalam batas normal
·Hidrasi kulit tidak ada
Pengelolaan cairan
Aktifitas:
·Pantau berat badan biasanya dan kecendrungannya
·Mempertahankan intake dan output pasien
·Pantau ststus hidrasi
·Memonitor status hemodynamic termasuk CVP, MAP, PAP, dan PCWP
·Pantau tanda-tanda vital pasien
·Pantau status nutrisi pasien


Ketidakseimbangan Nutrisi Kurang dari Kebutuhan Tubuh berhubungan dengan intake tidak adekuat
Defenisi: ketidak cukupan intake nutrisi untuk kebutuhan metabolik.
Batasan karakteristik
·Berat badan 20% berkurang dari ideal
·Lemahnya kesehatan otot
· Tidak nafsu makan
Status nutrisi
Indikator:
·Intake nutrisi
·Intake makanan dan cairan
·Energi
·Berat tubuh










Mengontrol Nutrisi
Aktivitas:
·Menimbang berat badan pasien pada jarak yang ditentukan
·Memantau gejala kekurangan dan penambahan berat badan
·Memantau respon emosional pasien ketika ditempatkan pada situasi yang melibatkan makanan dan makan
·Memantau interaksi orang tua/anak selama makan, jika diperlukan
·Mengontrol keadaan lingkungan ketika makan
·Mengontrol turgor kulit, jika diperlukan
· Memantau kekeringan, tipisnya rambut sehingga mudah rontok
· Memantau gusi saat menelan, karang gigi, dan penambahan luka
· Mengontrol mual dan muntah
· Memantau tingkat energy, rasa tidak nyaman, kelelahan, dan kelemahan
· Memantau jaringan yang pucat, memerah, dan kering
· Memantau kemerahan, bengkak, dan retak pada mulut/bibir





Daftar Pustaka

Nursalam dkk, (2005), Asuhan Keperawatan bayi dan anak, Jakarta, Salemba Medika.

Ngastiyah, (2005), Perawat Anak Sakit. Edisi 2, Jakarta, EGC.

Hidayat  AA, (2006), Pengantar Ilmu Keperawatan Anak, (Edisi 1), Jakarta, Salemba Medika.

Mansjoer S, Suprohaita., Wardhani, W., Setiowulan, W.2008. Kedokteran Jilid II.Jakarta. Media Aesculapius.

Brunner & Suddart. 2013. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8volume 2.Jakarta.EGC.

Nurarif, A.H. & Kusuma, H.2015.Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis Nanda Nic-Noc.Jogjakarta.Mediaaction

No comments:

Post a Comment